5 TIPS MANAJEMEN WAKTU UNTUK MAHASISWA

Senin, 29 Mei 2017




Halo Mahasiswa Akuntansi! Di liburan kali ini kita bakal kasih beberapa tips buat kalian mengelola waktu dengan baik dan yang pasti waktu kalian gak bakal kebuang sia-sia. Yuk langsung disimak aja!

1.     Buat Daftar Tugas yang Harus Kalian Lakukan.

Kegiatan ini berfungsi untuk melakukan tugas-tugas tersebut agar lebih terencana. Dengan melihat daftar tersebut, kalian dapat mengatur kapan dan berapa lama tugas tersebut akan terselesaikan juga lebih mudah untuk melihat tugas-tugas yang penting untuk lebih dulu dikerjakan.

2.     Menganalisa di mana Kalian Menghabiskan Waktu Kalian

Dengan mencatat aktivitas kalian selama 2-3 minggu, kalian telah mengetahui bagaimana cara kalian menghabiskan waktu. Mulai dari mengerjakan tugas, kegiatan-kegiatan yang kalian lakukan, beristirahat, tidur, bahkan sekadar untuk bermain handphone (jaman sekarang bermain handphone bisa lebih dari 2 jam). Dengan catatan tersebut kalian bisa mulai mengatur waktu kalian, kegiatan mana yang waktunya harus ditambah, dikurangi, bahkan dihilangkan dari kebiasaan sehari-hari kalian karena dianggap hanya sia-sia.

3.     Buat Target Waktu Harus Selesainya Tugas Kalian

Setelah mengetahui tugas yang harus kalian lakukan, sebaiknya kalian juga membuat target waktu harus selesainya dari tugas tersebut. Misalnya tugas A harus selesai pada hari Senin, maka pastikan tugas tersebut selesai pada hari Senin, Ingat! Tidak boleh menunda waktu dan lebih baik target yang kalian buat tidak mepet dari deadline tugas itu sendiri.

4.     Hindari Sesuatu yang Dapat Mengganggu Kalian

Hindari hal-hal yang mengganggu dan dapat mengalihkan perhatian kalian. Misalnya media sosial, berusahalah untuk tidak membuka media sosial apapun dari handphone, bahkan jika handphone tersebut tidak diperlukan untuk mengerjakan tugas, kalian bisa mematikan itu selama kalian mengerjakan tugas.

5.     Sisihkan Waktu untuk Beristirahat

Setelah melakukan banyak kegiatan dan mengerjakan beberapa tugas, sebaiknya kalian menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak guna menjernihkan pikiran dan bisa berpikir lebih baik untuk melanjutkan tugas kalian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Search

Timeline Twitter