DAMPAK BURUK DARI OVERSLEEPING ATAU TIDUR YANG BERLEBIHAN

Selasa, 04 Juli 2017





Libur yang panjang adalah salah satu alasan yang membuat para mahasiswa bahagia. Bebas dari tugas, bebas dari yang namanya bangun pagi, dan bebas dari beban-beban perkuliahan lainnya. Nah, liburan juga diidentikan dengan bangun tidur yang siang, tapi tahukah kalian oversleeping atau tidur yang melebihi dari batas normal (> 7 jam) juga dapat membahayakan tubuh.

Yuk langsung disimak dampak dari tidur yang terlalu lama atau oversleeping!

1. Sakit Kepala dan Konsentrasi Menurun
Tidur terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala hal itu dikarenakan tidur lama dapat memberikan dampak buruk pada neurotransmitter di otak. Tentu saja hal ini juga dapat membuat konsentrasi menurun. Masalah ini dapat diatasi dengan perbanyak minum air putih.

2. Dapat Merusak Otak
Hasil studi menyebutkan bahwa tidur terlalu lama pula dapat merusak fungsi otak dengan cukup parah dan otak mengalami penuaan hingga dua tahun bagi wanita yang tidur lebih dari sembilan jam.

3. Sakit Bagian Punggung
Hal ini disebabkan punggung tidak banyak bergerak dan juga punggung menjadi tempat bertumpunya tubuh dalam waktu yang lama.

4. Menurunnya Daya Ingat
Orang yang tidur terlalu lama bisa buat kita jadi orang yang pelupa, lho!

5. Dapat Menyebabkan Berbagai Macam Penyakit
Terlalu banyak tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti: Diabetes, Stroke, Obesitas, dan Penyakit Jantung.

6. Risiko Kematian
Akibat yang paling fatal adalah kematian. Alasan yang mengakibatkan hal ini masih belum diketahui, namun banyak peneliti yang menunjukkan ada hubungan antara oversleeping dengan kematian. 

Sangat bahaya kan bagi tubuh? Nah di bawah ini adalah cara mengatasi tidur yang berlebihan atau oversleeping, di antaranya:
1. Mengatur waktu tidur agar tidak terlalu malam,
2. Pasang alarm untuk bangun dengan waktu yang tepat,
3. Bangunlah ketika alarm bunyi tanpa menunda alarm tersebut, alarm juga dapat diletakkan jauh dari tempat tidur,
4. Buat list kegiatan yang akan dilakukan agar tidak kembali tidur, seperti membaca buku, memasak, dan kegiatan lainnya,
5. Hindari mengonsumsi kafein di atas jam 17.00, dan
6. Hindari gadget jika sudah memasuki waktu tidur yang sudah kalian atur.

Jadi, libur yang panjang ini jangan hanya dipakai tidur yaa!

SUMBER: HaloSehat.com , id.wikihow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Search

Timeline Twitter